Perawatan Trakeostomi

Tracheostomy Treatment | Homecare Tracheostomy

Trakeostomi sendiri adalah tabung yang dipasang di bagian depan leher, tepatnya trakea (tenggorokan) melalui prosedur operasi. Trakea akan dibuat lubang untuk memungkinkan akses langsung ke tabung pernapasan dan umumnya dilakukan di ruang operasi, dibawah anastesi umum.

Tabung/selang trakeostomi ini berfungsi sebagai alternatif jalan napas untuk membantu proses sekresi paru-paru pasien.

Jika diperlukan, tabung dapat dihubungkan ke suplai oksigen dan mesin bantu pernapasan yang disebut dengan ventilator. Tabung ini juga digunakan untuk menghilangkan cairan apapun yang menumpuk di tenggorkan.

Patient with ventylator

Berikut beberapa fungsi trakeostomi :

  • Mengirimkan oksigen ke paru-paru jika kesulitan bernapas dengan normal akibat adanya cedera atau disebabkan otot yang sangat lemah.
  • Memungkinkan pasien bernapas jika tenggorokan tersumbat, misalnya adanya pembengkakan, tumor, atau sesuatu yang menyangkut di tenggorokan.

Pemasangan trakeostomi biasanya dilakukan saat di rumah sakit, tetapi untuk keadaan darurat tertentu, mungkin diperlukan pemasangan khusus oleh ahli medis profesional.

Kadang-kadang trakeostomi diperlukan jika pasien tidak dapat bernapas dengan normal atau kondisi kesehatan yang memengaruhi terjadinya kendala pada proses pernapasan.

Adapun pemasangan saat pasien terindikasi :

  • Masalah pernapasan (biasanya disebabkan stroke, keadaan koma, kelumpuhan, pneumonia, cystic fibrosis, atau sindrom Guillain-Barré)
  • Terdapat penyumbatan (biasanya saat tidak sengaja menelan sesuatu yang dapat menyumbat tenggorokan, cedera, infeksi, anafilasis, pembengkakan setelah operasi, hingga akibat kanker)

Jenis Anestesi yang Digunakan

Dokter bedah akan melakukan trakeostomi Anda menggunakan anestesi umum, kecuali jika situasinya darurat atau kritis. Tim perawatan Anda akan menggunakan anestesi lokal dalam keadaan darurat.

  1. Anestesi Umum adalah kombinasi obat intravena (IV) dan gas yang membuat Anda tertidur lelap. Anda tidak mengetahui prosedur ini dan tidak akan merasakan sakit.
  2. Anestesi Lokal yaitu penyuntikkan obat anestesi di sekitar area di leher Anda sehingga Anda tidak merasakan apa-apa.

Umunya, Anda akan menerima instruksi tentang kapan harus menghubungi dokter Anda saat terjadi masalah, seperti:

  • Pendarahan di tempat trakeostomi atau dari trakea
  • Kesulitan bernapas melalui tabung
  • Nyeri atau adanya perubahan tingkat kenyamanan
  • Kemerahan atau bengkak di sekitar trakeostomi
  • Perubahan posisi tabung trakeostomi

Untuk sebagian orang yang baru memakai alat ini mungkin perlu waktu untuk beradaptasi dengan proses menelan atau berkomunikasi.

Ketika trakeostomi tidak lagi diperlukan, trakeostomi dibiarkan sembuh atau ditutup dengan pembedahan. Bagi sebagian orang, trakeostomi bersifat permanen.

Biasanya tim perawatan akan memberitahu keluarga pasien tentang bagaimana  cara merawat trakeostomi untuk keseharian, termasuk cara menyedot cairan dari tenggorokan (trakea) dan cara membersihkan serta mengganti selang.

Untuk rawatan yang dilakukan di rumah, perawat medis homecare biasanya lebih handal untuk membersihkan secara teliti dan teratur apabila tabung trakeostomi tersebut tersumbat cairan atau lendir.

 

Membersihkan Tabung Trakeostomi

Tabung trakeostomi perlu dibersihkan secara teratur untuk menghentikannya tersumbat oleh cairan dan lendir. Ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali sehari.

Jangkau dengan mudah perawat yang Anda butuhkan pada kami.

NetCare Home Service menyediakan perawat medis yang profesional dan ahli dalam bidangnya, salah satunya yaitu perawatan pasien dengan menggunakan alat trakeostomi.

Konsultasikan keluhan dan kebutuhan Anda pada kami melalui laman media sosial Netcare. Kesehatan dan kenyamanan pasien adalah prioritas kami. (team NetCare)

Untuk detail info lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi NETCARE di 0812-8474-5024 (melalui Telepon/Whatsapp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *