Perawatan Luka Bakar – Perawatan Homecare

Bagaimana Perawatan Luka Bakar?

Luka bakar atau dalam bahasa medis disebut dengan Vulnus Combustio adalah kerusakan kerusakan jaringan epidermis (lapisan kulit) yang disebabkan oleh benda panas akibat kontak langsung dengan benda panas, seperti api, bahan kimia, listrik maupun radiasi.

Trauma luka bakar seringkali diakibatkan oleh kecelakaan kerja atau pengabaian prosedur. Penderita luka bakar akan rentan mengalami infeksi karena terbukanya kulit yang merupakan pertahanan awal untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, perlu penanganan secepatnya.

Penyebab luka bakar harus diketahui karena protokol pengobatan yang diterapkan akan berbeda pada setiap kasus.
Durasi kontak yang terjadi dan derajat suhu dapat menjadi prediksi awal tingkat  keparahan rusaknya sel kulit.

Hal itu dapat diukur juga dengan menentukan berapa persen luas area yang terkena.

  1. Area kepala : 9%
  2. Dada : 9%
  3. Perut : 9%
  4. Punggung dan bokong : 18%
  5. Area lengan : 9%
  6. Are tungkai : 18%
  7. Daerah kelamin: 1%

Sebagai contoh, jika luka bakar terjadi pada kedua tungkai, area kelamin, dada dan perut, maka total luas area luka bakar tersebut adalah 25%.

Cedera luka bakar dapat disebabkan oleh cairan, minyak atau uap. Mekanisme cedera luka bakar dapat digunakan sebagai prediksi penanganan selanjutnya.

Misalnya, pasien dengan luka bakar api dan luka bakar listrik seringkali memerlukan  penanganan cukup serius dan perawatan rawat inap.

Sedangkan pasien yang mengalami luka bakar akibat kontak langsung dengan permukaan panas atau paparan radiasi seperti sinar matahari biasanya ditangani sebagai pasien rawat jalan.
Ada beberapa jenis luka bakar berdasarkan penyebabnya, yaitu :

1. Luka Bakar Termal
Adalah cedera kulit yang disebabkan oleh panas yang berlebihan, biasanya akibat kontak dengan permukaan panas, cairan panas, uap atau api. Kerusakan termal menyebabkan matinya sel kulit, hal itu dapat diketahui dari suhu dan lamanya waktu kontak yang terjadi.

2. Luka Bakar Kimiawi
Disebabkan oleh bahan pembersih yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari di rumah atau karena kecelakaan kerja. Umumnya ini disebabkan akibat kulit kontak langsung dengan asam kuat atau zat basa.

3. Luka Bakar Listrik
Luka bakar listrik yaitu kulit yang bersentuhan langsung dengan listrik bertegangan tinggi sehingga menyebabkan pasien mengalami ketidaksabaran, sindrom kompartemen mioglobinuria/hemoglobinuria. Pada kasus seperti ini biasanya penanganan segera disarankan untuk rawat inap.

4. Luka Bakar Radiasi
Luka bakar radiasi disebabkan oleh bahan radioaktif dengan radiasi yang tinggi.

5. Sunburn
Sunburn disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengandung UVB, tidak terkontrol atau berlebihan. Biasanya kulit akan berwarna merah akibat paparan sinar tersebut.

NetCare menyediakan berbagai pilihanperawat luka yang disesuaikan dengan kriteria keluarga pasien serta kondisi pasien di rumah, karena kenyamanan dan pemulihan kesehatan pasien adalah prioritas kami.

Untuk detail info lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi kami di 0812-8474-5024 (dapat melalui Telepon/Whatsapp).

One thought on “Perawatan Luka Bakar – Perawatan Homecare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *