Perawat untuk Lansia (Caregiver)

Kapan Anda Perlu Mencari Perawat Lansia di Rumah?

Bila keluarga terpaksa tidak bisa langsung terlibat untuk merawat lansia, pastikan orang yang merawat lansia (Caregiver) sudah berpengalaman atau paling tidak dapat memberikan dukungan penuh.

Jika lansia tidak mampu melakukan kegiatan sehari-hari, jangan biarkan beliau sendiri di rumah.

Lansia merupakan kelompok usia rentan dimana pada fase ini, seseorang cenderung mengalami kemunduran fungsi baik fisik
maupun mental sehingga memerlukan bantuan untuk memenuhi aktivitas kehidupan sehari-harinya.

Adapun bantuan yang diberikan harus spesifik dan sesuai agar dapat membantu lansia beraktivitas dengan optimal, dan tidak menimbulkan keadaan yang lebih buruk atau komplikasi.

Untuk itu, perawatan jangka panjang yang berkualitas sangat penting dilakukan agar kualitas hidup lansia dapat
dipertahankan.

Seorang Caregiver dapat berperan di dalam perawatan jangka panjang bagi lansia untuk mengurangi ketergantungan, mengurangi keluhan lansia akibat penyakit, mencegah komplikasi kecelakaan, mempertahankan kualitas hidup yang optimal dan bermatabat hingga akhir hayatnya.

Dalam hal pendampingan hingga akhir hayat, seorang Caregiver harus memastikan agar seluruh proses yang dihadapi pada akhir kehidupan sesuai dengan pilihan lansia dan didukung oleh keluarga.

Merawat lansia merupakan tanggung jawab yang besar dan memerlukan perhatian serta kesabaran ekstra.

Komunikasi menjadi kunci utama kebahagiaan orang tua. Kita dapat mengetahui apa yang menjadi keinginanya, dan sesuatu yang tidak disukai. Penuhi keinginannya jika memang Anda bisa melakukannya, bila tidak mampu beritahukan dengan baik. Jangan sampai menyakiti perasaannya karena akan juga berpengaruh terhadap kesehatannya. Dengan berkomunikasi yang baik akan membuat hatinya senang.

 

Mengapa Lansia butuh Pengasuh?

Karena semakin tua seseorang semakin sedikit apa yang bisa mereka kerjakan, sehingga yang masih bisa dikerjakan adalah komunikasi, temani mereka mengobrol setiap hari agar mereka tidak merasa kesepian.

Lansia yang terbatas dalam aktivitasnya, akan bergantung sekali pada pengasuh (Caregiver) dan sangat memerlukan sikap yang simpatik dan penuh pengertian.

Jika orangtua Anda masih sehat bugar, maka bersyukurlah maka artinya Anda dapat dengan tenang meninggalkan orangtua di rumah selama Anda bekerja.

Namun jika orangtua Anda sudah tidak lagi mampu beraktifitas karena harus berbaring atau bantuan kursi roda, maka artinya kehadiran Caregiver sudah sangat dibutuhkan.

Beberapa kondisi yang mengharuskan Anda memiliki perawat lansia adalah :

  • Orangtua yang sudah sepuh mengalami gangguan ingatan, sehingga sering lupa jalan pulang dan tersesat. Perawat lansia sangat dibutuhkan untuk menemani orangtua Anda kemanapun agar tidak tersesat atau hilang.
  • Orangtua lansia mengidap penyakit tertentu yang menghalanginya beraktifitas dengan normal. Misalnya penyalit stroke atau penyakit lain yang membuatnya hanya bisa berbaring di kasur atau berjalan dengan bantuan kursi roda.
  • Anda maupun anggota keluarga lainnya harus bekerja dan tidak dapat menemani lansia selama 24 jam di rumah.

 

Bagaimana Nutrisi yang Dibutuhkan Lansia?

Faktor yang memengaruhi kebutuhan nutrisi pada lansia seperti berkurangnya kemampuan mencerna makanan akibat rusaknya gigi atau ompong. Berkurangnya indera pengecapan mengakibatkan penurunan terhadap cita rasa makanan seperti manis, asin, asam, dan pahit.

Kerongkongan lansia mengalami pelebaran, rasa lapar menurun, asam lambung menurun sehingga gerakan usus atau gerak peristaltik melemah biasanya menimbulkan konstipasi (sulit bab) ini berakibat penyerapan makanan di usus menurun.

Cairan kebutuhan pada lansia pun perlu diseimbangkan supaya tidak terjadi penumpukan cairan dalam tubuh atau kekurangan cairan (dehidrasi).

Vitamin dan mineral merupakan pertahan tubuh dari penyakit, mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti ikan, putih telur, kacang-kacangan dan susu.

Variasikan menu sesuai dengan keinginan lansia atau mengubah tekstur makanan menjadi lebih lembut sesuai dengan kemampuan mengunyah dan menelan. Sebaiknya olah makanan dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang serta mulai mengurangi makanan yang digoreng.

Batasi makanan makanan yang manis atau kadar gula tingga. Batasi pula makanan yang pedas atau terlalu asin, apabila lansia mengidap suatu penyakit tertentu, konsultasikan kepada ahli gizi sebelumnya untuk menentukan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Selain itu para lansia perlu mengonsultasikan obat-obatan pribadi kepada dokter.

Berikut contoh makanan yang baik untuk kesehatan lansia :

  1. Ikan salmon,
  2. Alpukat,
  3. Pisang,
  4. Minyak zaitun,
  5. Daging tanpa lemak, dan
  6. Susu.
Nutrition sources

Penurunan indera penglihatan yang seringkali dihubungkan dengan kekurangan vitamin A, C, dan asam folat. Terjadi gangguan pada indera pengecap yang berhubungan dengan kekurangan kadar zinc, yang menyebabkan menurunnya kadar nafsu makan. Untuk penurunan indera pendengaran terjadi karena adanya kemunduran fungsi sel saraf pendengaran.

Beberapa penelitian merekomendasikan kebutuhan protein lansia ditingkatkan 12-14 % dari kebutuhan untuk orang dewasa. Sayuran dan buah hendak dikonsumsi secara teratur sebagai sumber vitamin, mineral dan serat. Memasuki usia diatas 50 tahun akan terjadi perubahan dalam produksi asam lambung sehingga berdampak pada proses penyerapan vitamin B12.

Keperawatan untuk lansia dikenal di dunia medis sebagai geriatrik atau gerontology. Gerontologi memiliki pengertian ilmu yang khusus untuk meneliti dan mempelajari terkait peristiwa lanjut usia beserta masalah yang menyertainya.

Ada berbagai jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh lansia seperti berjalan kaki di pagi atau sore hari. Tentu saat lansia melakukan ini harus diawasi oleh perawat yang berkompetensi agar tidak terjadi kesalahan saat lansia menjalani aktivitas fisik.

Banyak dari mereka yang membutuhkan jasa perawat lansia untuk menemani dan memenuhi kebutuhan orang tuanya di rumah selama mereka bekerja.

Bila Anda sedang dalam posisi membutuhkan jasa perawat lansia harian maupun bulanan, mari diskusikan bersama kami. Untuk detail info lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi NETCARE di 0812-8474-5024 (Telepon/Whatsapp).

Untuk itu pastikan bahwa perawat lansia atau Caregiver yang Anda pekerjakan memiliki karakter ramah dan juga sabar karena Caregiver tidak hanya bertugas untuk merawat namun juga teman dekat para lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *