Tips Saat Menjalani Isolasi Mandiri COVID-19

Banyaknya kasus Covid-19 mengakibatkan kapasitas rumah sakit menurun.

Oleh karena itu, bagi orang yang positif terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan maupun orang tanpa gejala (OTG) diharap segera melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, adakalanya pasien sebelumnya juga mempunyai riwayat penyakit bawaan sebelum Covid-19.

Berikut beberapa panduan lengkap merawat pasien Covid-19 di rumah :

  1. Tempatkan pasien di kamar terpisah dari anggota keluarga lain. Gunakan kamar dengan ventilasi baik agar sirkulasi udara serta sinar matahari juga bisa masuk.
  2. Pasien rutin mengonsumsi obat yang telah dianjurkan dokter.
  3. Berikan makanan sehat dan bergizi untuk pasien Covid-19, dengan nutrisi yang cukup agar mampu menjaga kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan. Perbanyak juga minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi asupan mineral yang baik.
  4. Pantau kondisi pasien, bila selama isolasi keluhan semakin berat, seperti demam tinggi, batuk semakin parah atau sesak napas segera bawa ke rumah sakit.
  5. Perhatikan kondisi kesehatan sendiri, jika mengalami gejala segera hubungi layanan kesehatan.
  6. Pisahkan alat makan dan mandi pasien dari anggota keluarga lain. Sangat penting untuk menyediakan tempat sampah khusus untuk pasien.
  7. Cuci tangan dengan air mengalir setelah merawat pasien.
  8. Kenakan masker pada pasien ketika anggota keluarga lain masuk kamar isolasi. Jangan berlama-lama di kamar isolasi. Gunakan alat pelindung diri seperti masker, alat pelindung tangan dan face shield.
  9. Jangan lupa jaga jarak minimal 2 meter. Sediakan hand rub dan alkohol minimal 75% untuk membersihkan benda-benda di rumah.

Bila ada anggota keluarga tertular namun terlihat sehat, tentu virus sudah tinggal di dalam tubuh tetapi tidak tinggal meninggalkan sakit dan disebut  carier/pembawa.

Ini biasanya adalah kelompok orang muda dan merupakan kelompok penular terbesar.

Sedangkan bila tertular, sakit berat (batuk, demam, diare, sesak napas), lakukan sama hal nya dengan 9 langkah diatas berikut penambahan :

  • Paracetamol 500 mg,
  • Oksigen,
  • Vitamin, serta
  • Obat inhalasi

Biasanya pasien Covid-19 dengan penyakit bawaan sebelumnya dan lansia pada umumnya bisa memperlambat proses penyembuhan.

Dengan beberapa faktor penyulit ini, perawat Homecare dapat membantu lebih intens dan spesifik untuk membantu merawat pasien di rumah.

Jika dibutuhkan, bahkan akan dipasang infus serta alat lain sesuai advice dokter.

Netcare telah menyiapkan tim perawat lengkap berikut dokter Covid-19. Perawat khusus pasien Covid-19 tentu sudah terlatih dan berpengalamn sebelumnya, sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk membantu menangani keluarga terkasih Anda selama masa isolasi mandiri di rumah. (team Netcare)

Untuk detail info lebih lanjut dan pemesanan, silahkan hubungi NETCARE di 0812-8474-5024 (Fast Respond melalui Telepon/Whatsapp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *