Penyakit Autoimun

Perhatikan Gejala berikut Sebelum Terlambat!

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang melepaskan protein yang disebut antibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Beberapa faktor penyebab penyakit autoimun, yaitu :

  • Obesitas,
  • Kebiasaan merokok,
  • Faktor genetik, hingga
  • Stress

Penyakit autoimun seringkali hampir menyerupai diagnosis penyakit lain. Penyakit ini menyerang organ-organ bagian tubuh yang membuat sistem kerja organ menjadi kacau. Anda akan merasakan gejala-gejala tidak biasa, diantaranya :

  • Kelelahan
  • Pegal otot
  • Ruam kulit
  • Rambut rontok
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kesemutan di area tangan dan kaki

Contoh penyakit autoimun, meliputi :

  1. Arthritis rheumatoid

Sistem kekebalan yang menempel pada lapisan sendi bekerja dengan keliru, kemudian menyerang sendi dan menyebabkan  peradangan, pembengkakan serta nyeri pada sendi. Hal ini disebut dengan Arthritis rheumatoid (RA).

Pengobatan untuk RA sendiri dapat berupa pemberian obat-obatan pereda sakit (steroid), pemberian obat DMARDS, terapi biologis, terapi fisik, hingga operasi.

2. Lupus

Pada pengidap lupus, sistem imun justru menyerang jaringan dan organ tubuh bagian dalam, seperti sel darah dan paru-paru. Hal itu menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan di berbagai organ bagian tubuh, biasanya penderita akan mengalami nyeri sendi dan ruam kulit.

3. Diabetes Melitus Tipe I

Antibodi sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan keliru juga dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas.

4. Sindrom Guillain – Barre

Sistem kekebalan juga menyerang otot kaki dan tubuh bagian atas. Untuk jenis sindrom ini biasanya dilakukan perawatan plasmapheresis, yang merupakan pengobatan utama dengan metode penyaringan darah sesuai prosedur medis.

5. Psioriasis

Pada psioriasis, sel darah pada sistem kekebalan berkumpul di kulit. Akibatnya aktivitas sistem kekebalan menstimulasi sisik pada kulit menimbulkan area kulit bersisik.

6. Penyakit Graves

Sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang merangsang kelenjar tiroid untuk melepaskan hormon tiroid yang berlebihan (hipertiroid).

7. Myasthenia gravis

Antibodi mengikat saraf dan membuatnya tidak dapat menstimulasi otot dengan benar. Kelemahan yang semakin parah saat beraktivitas adalah gejala utama miastenia gravis.

 

Perawatan yang diharuskan biasanya seperti ;

– Terapi

Suntik Insulin

– Pemberian Hormon tiroid (Graves)

– Pemberian obat kortikosteroid

– Terapi akupuntur

Mari segera konsultasikan keluhan Anda pada kami melalui akun media sosial kami yang teratur. Kenyamanan dan kesehatan pasien adalah prioritas kami. (teamNetCare)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *