Jenis-jenis Diet, Apa dan Bagaimana Pilihanmu?

Karena diet adalah bagaimana cara mengatur pola makan sehari-hari yang tepat, diet seringkali membuat banyak orang bingung. Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah sekedar mengurangi makan.

Meskipun seringkali mengurangi makan dan menurunkan berat badan secara signifikan akan tetapi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seharusnya lebih diperhatikan lagi dalam melaksanakan program diet.

Guna mendukung diet yang sehat sebaiknya cukupi kebutuhan kalori ini dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks dan lemak sehat. Hindari sumber kalori yang kurang sehat seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.

Siapa saja orang yang butuh diet?

1. Orang yang mempunyai berat badan lebih (obesitas).
2. Atlet, biasanya atlet mengikuti diet untuk menjaga berat badan dan bentuk otot.
3. Mereka yang punya berat badan ideal tapi mudah mengalami kenaikan berat badan.
4. Orang yang menderita penyakit tertentu. Misalnya penderita diabetes, darah tinggi, gagal ginjal, jantung, asam urat dan penderita penyakit lain.

Masyarakat urban di masa modern mulai berminat dengan gaya hidup sehat yang berdampak positif bagi kehidupan secara total. Tidak hanya menjaga kesehatan tapi juga penampilan yang tetap cantik/gagah dan awet muda dengan tubuh langsing dan bugar.

Inilah beberapa jenis diet yang populer, antara lain :

  • Diet Ketogenik

Diet ini mengandung banyak lemak untuk menjaga asupan nutrisi. Perbandingannya mencapai 80% lemak, 15% protein. Jenis bahan makanannya: daging sapi dengan lemak, ayam, ikan berlemak seperti salmon, telur, susu, yoghurt,minyak kelapa dan alpukat.

Dalam diet Ketogenik, lemak digunakan sebagai sumber energi. Selain itu, diet ini membuat asupan energi menjadi lebih stabil.

Diet Ketogenik tidak disarankan untuk orang yang menderita penyakit tertentu, seperti gangguan makan, gangguan empedu dan diabetes tipe I. Bahkan popularitas metode diet ini semakin tinggi karena ikut diterapkan oleh artis-artis internasional.

Saat tubuh kekurangan energi dan ketersediaan karbohidrat tidak memadai, maka hati akan memecah lemak menjadi asam lemak berbentuk keton untuk dijadikan sumber energi bagi tubuh dan juga otak. Jumlah keton yang berlebihan di dalam tubuh disebut dengan ketosis. Inilah yang menjadi mekanisme utama dalam diet Ketogenik.

Berikut adalah dampak yang ditimbulkan ketika melakukan diet Ketogenik dalam jangka panjang :

1. Gangguan keseimbangan hormon

2. Gangguan metabolisme tubuh

3. Gangguan emosional

Diet Ketogenik tidak dapat dikatakan sebuah metode diet yang baik maupun buruk. Baik atau buruknya suatu diet ditentukan dari bagaimana adaptasi dan kenyamanan tubuh saat melakukannya.

  • Diet Vegetarian

Berdasarkan apa yang Anda makan, diet vegetarian dapat dibagi menjadi beberapa jenis :

  • Ovo-vegetarian :tidak mengonsumsi makanan hewani kecuali telur
  • Lacto-vegetarian : tidak mengonsumsi makanan hewani selain susunya
  • Lacto-ovo vegetarian : tidak mengonsumsi makanan hewani selain produk telur dan produk susu
  • Pescetarian : tidak mengonsumsi daging merah dan unggas, tapi mengonsumsi ikan, telur, dan produk susu
  • Flexitarian : menjadi pola makan vegetarian, tapi sesekali mengonsumsi daging merah, unggas dan ikan
  • Vegan : tidak mengonsumsi makanan hewani apa pun tanpa terkecuali.

Cara menjalani diet vegetarian yang salah satu justru bisa membuat berat badan Anda tidak kunjung berkurang.

Tanpa disadari, Anda bisa saja mengonsumsi camilan vegetarian tinggi lemak, makanan vegetarian yang digoreng atau mendapatkan asupan kalori berlebih dari jenis dressing salad, saus, maupun topping makanan tertentu. Asalkan dilakukan dengan benar, diet sarat vitamin dan mineral ini juga dapat mendatangkan keuntungan lain bagi kesehatan.

  • Diet Golongan Darah

Salah satu penggagas diet golongan darah yaitu Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati. Beliau bahwa golongan darah memengaruhi sistem pencernaan.

Teori yang mendasari adalah tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin adalah sejenis protein. Jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah, maka dapat memicu perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme dan penyakit lain seperti kanker.

Rekomendasi diet berdasarkan golongan darah :

  • Golongan Darah O, sebaiknya lebih banyak mengonsumsi daging dan unggas. Namun menghindari produk susu dan terigu.
  • Diet Golongan Darah A, sebaliknya harus mengonsumsi lebih¬†banyak sayuran dan buah-buahan segar.
  • Golongan Darah B, karena golongan darah ini memiliki sistem imunitas dan pencernaan yang lebih kuat, dapat mengonsumsi sayuran hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak.
  • Golongan Darah AB, konsumsi difokuskan pada boga bahari (makanan laut), produk olahan susu dan sayuran hijau. Golongan darah AB disarankan untuk menghindari minuman keras, kafein, kacang merah, jagung dan daging-daging olahan.

Perlu diingat bahwa cara diet ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, namun hanya berdasarkan satu faktor yaitu golongan darah.

Pola makna ini juga tidak mempertimbangkan jika seseorang menderita kondisi kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Salah satu resiko dari diet ini adalah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sepenuhnya karena larangan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Beberapa orang mengaku merasa lebih sehat setelah menjalani pola diet golongan darah ini, namun bukan berarti hal ini mutlak karena kecocokan antara golongan darah dan pola makannya tetapi lebih karena makanan yang dipilih dan pola hidup yang dijalani lebih sehat.

  • Diet Dukan

Diet ini dijalankan dengan cara mengubah menu makan hanya mengonsumsi makanan berkadar protein tinggi, menekan konsumsi karbohidrat dan lemak.

Tingginya protein ini akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Diet Dukan adalah diet yang dipopulerkan oleh Pierre Dukan. Metode diet yang satu ini sebenarnya telah diperkenalkan selama lebih kurang dari 30 tahun namun mencapai kepopulerannya seiring dengan publikasi buku Diet Dukan.

Kunci dari penurunan berat badan akan diet Dukan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, oatmeal, air putih dan berjalan kaki cepat minimal 20 menit.

Diet Dukan terbagi dalam tiga fase, yaitu :

  • Attack (1-7 hari)

Anda diharuskan mengonsumsi 6-8 gelas air putih dan 1,5 sendok makan oatmeal per hari. Pada fase ini, Anda juga harus mulai membiasakan diri jalan kaki cepat selama 20 menit setiap hari.

  • Cruise (1-12 bulan)

Menu pada fase Cruise bervariasi, misalnya hari pertama menyantap protein tanpa lemak, lalu hari kedua protein dengan sayuran. Asupan oatmeal pun meningkat menjadi dua sendok makan setiap harinya.

  • Konsolidasi

Pada diet konsolidasi, Anda justru diperbolehkan untuk makan lebih banyak jenis makanan, asalkan sesuai dengan aturan. Meski diperbolehkan menyantap buah-buahan, Anda dilarang memakan anggur, pisang dan ceri karena tinggi gula. Untuk menjaga berat badan, lakukan berjalan cepat selama 25 menit per hari.

Jangan lupa untuk tetap menyantap 2,5 sendok oatmeal per hari. Diet Dukan tidak disarankan bagi penderita sakit ginjal, sakit jantung, diabetes dan wanita hamil serta menyusui.

Kelebihan protein pada penderita penyakit ginjal, dapat memperparah resiko batu ginjal. Efek samping terjadi saat menjalani diet Dukan, yaitu perut kembung, mual, sakit kepala, konstipasi dan lemas.

Sedangkan diet protein tinggi dapat menghambat produksi insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Belum ada penelitian yang membuktikan keamanan diet Dukan dalam jangka panjang, karenanya Anda disarankan berkonsultasi pada dokter ahli gizi sebelum menjalani diet Dukan.

Diet yang benar tentunya tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga dapat dijadikan pola makan yang nyaman untuk diikuti. Anda mungkin adalah satu dari sekian banyak orang yang berusaha memilih jenis diet apa yang sesuai untuk diri Anda.

Apabila mengalami kesulitan untuk menentukan jenis diet mana yang seusai, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi. (team NetCare)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *