Dibalik Nikmatnya Dalgona Coffe dan Kopi Kekinian, Ini Resikonya

Dalgona coffee menjadi minuman yang saat ini digemari masyarakat. Minuman yang berasal dari kopi susu ini ramai dipraktekkan masyarakat saat harus melakukan physical distancing di tengah wabah Covid-19.

Awalnya Dalgona Coffee populer setelah ada tayangan acara TV Korea Selatan pada Januari 2020. Meski viral di Korea banyak sumber menyebutkan bahwa Dalgona Coffee berasal dari India, Pakistan dan Makau. Dalgona coffe bahkan disebut mirip dengan Phenti Hui Coffee (kopi kocok) dari India.

Pembuatannyapun hampir sama yaitu dengan mencampurkan gula, kopi dan sedikit air panas ke dalam cangkir. Setelah itu kocokan tersebut ditambahkan es susu. Namun pembedanya kopi Dalgona berada di atas sementara Phenti Hui berada di bawah es susu..

Dalam acara salah satu TV Korea, aktor JungII Woo pergi ke Makau dan mencoba minuman tersebut, ia memberikan julukan Dalgona karena memiliki kemiripan layaknya permen spons tradisional Korea.

Berikut bahaya minuman tersebut jika dikonsumsi sering :

1. Diabetes
Kopi susu kekinian cenderung lebih banyak memberikan gula ke dalam minumannya. Bila dokonsumsi sering hal ini sangat berbahaya bagi tubuh dan memicu penyakit diabetes.
Penyakit diabetes disebabkan banyaknya kandungan gula dalam darah. Konsumsi gula maksimal dalam satu hari adalah empat sendok makan, jika lebih dari itu resiko penyakit diabetes melitus bisa mengintai. Selain itu anda juga harus waspadai dari gula gula yang berasal dari makanan atau minuman ringan, minuman kemasan yang tidak anda sadari karena ini juga mempengaruhi asupan gula harian anda.

A lady is injecting insulin into her stomach.

Maka jangan terlalu sering minum Dalgona Coffee atau kopi susu kekinian varian apapun.

2. Turunnya kadar Kalsium dalam darah

Minuman kopi susu kekinian mampu mengurangi kandungan kalsium hingga 10% dalam susu. Padahal menurut National Institute of Health, kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Tidak hanya kalsium, dalam sebuah penelitian kolaboratif yang dilakukan Universitas Miami, Florida dan Universitas Creighton, Nebraska, peneliti menemukan kafein dapat mengganggu penyerapan vitamin D.

Osteoporosis concept on illustration

Hal ini karena kafein yang masuk dalam tubuh akan mengurangi ekspresi reseptor. Vitamin D pada osteoblas yaitu, sel yang bertanggung jawab dalam produksi tulang dan dapat mengurangi kepadatan tulang, meningkatkan resiko patah tulang oada orang yang memiliki asupan kalsium rendah.

Seperti yang telah kita ketahui, kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan kekuatan tulang.

3. Meningkatkan produksi asam lambung

Tingginya kadar kafein dalam kopi mampu memicu produksi asam lambung berlebih apalagi jika dikonsumsi sering. Kandungan asam klorogenik dan kafein dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Untuk menangani hal tersebut, lebih aman konsumsi kopi yang dipanggang hingga hitam (dark roast). Mengapa?

Karena kopi yang dibakar dalam waktu lama dapat meningkatkan kandungan NMP (N-methylpyridinium) yang berfungsi menahan pelepasan asam yang menimbulkan iritasi lambung.

Terkait teknik penyeduhannya kopi yang diseduh dengan metode cold brew cenderung lebih aman dikonsumsi karena lebih sedikit asam klorogenik dibanding kopi yang disedih biasa dengan air panas.

 

Iced coffee in a tall glass with cream topped with iced coffee decorated with coffee beans.

Rata-rata kopi cold brew memiliki kadar pH sebesar 6,31 sedangkan kopi biasa rata-rata memiliki kadar pH sebesar 4,5-5.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa semakin rendah angka pH-nya, semakin asam sifat zat tersebut. Rendahnya keasaman pada kopi cold brew terjadi karena air dingin yang dipakai untuk menyeduh kopi dapat mengencerkan konsentrasi kopi.

4. Resiko Obesitas

Overwight/Obesity

Satu gelas Dalgona coffee memiliki total 133 kalori. Bayangkan, bila dalam sehari Anda minum 3 kali, maka ada sekitar 400 kalori yang masuk ke tubuh, belum terhitung dengan camilan lain dalam hari yang sama ini tentunya memicu obesitas.
Menikmati segelas Dalgona Coffee ataupun jenis lain kopi susu kekinian memang sangat nikmat.
Namun, bukan berarti Anda harus mengabaikan kesehatan tubuh di masa depan.

Agar terhindar dari resiko kesehatan sebaiknya kurangi asupan konsumsi ini, dibatasi dan dikurangi pemakaian gula, pilihlah susu low fat agar kopi susu kekinian tidak berpengaruh buruk bagi kesehatan. Lebih berhati-hati lagi bagi yang telah mengidap diabetes sebaiknya mengganti gula pasir dengan gula low calorie.
Cobalah membuatnya tetap nikmat namun tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Nikmat namun tetap sehat.

(team NetCare)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *